Visi Misi

Sebagai sebuah organisasi yang beranggotakan PROdikMAS (profesional pendidik masyarakat), maka FLipMAS berkonsentrasi pada sinergisme dan integrasi kegiatan PPM antar PROdikMAS. Jadi satu kegiatan PPM PT tertentu dapat dikerjakan PROdikMAS beberapa PT lain sesuai kompetensi yang dibutuhkan. FLipMAS harus bisa menjembatani kegiatan PPM dengan Pemda, CSR, dan interaksi antar FLipMAS. Untuk itu FLipMAS perlu merumuskan pola hubungan dengan ketiganya.

Pola hubungan FLipMAS dan Pemda. FLipMAS yang dibentuk sebagai think-tank berbagai pihak yang berempati pada masyarakat tetap berbasis pada kepakaran akademiknya. Dengan memposisikan FLipMAS sebagai mitra ataupun unit fungsional, Balitbangda memberi fleksibilitas tinggi bagi terealisasinya seluruh kewajiban FLipMAS. Dalam aspek riset, Balitbangda terbantukan dengan kehadiran Dewan Riset Daerah. Untuk aspek kemasyarakatan, Balitbangda dapat mengandalkan eksistensi FLipMAS. Peta persoalan, kebutuhan dan tuntutan masyarakat versi FLipMAS dapat diintegrasikan dengan peta sejenis versi Balitbangda. Integrasi keduanya menurunkan prioritas program dan FLipMAS mendistribusikannya sesuai dengan jenis program Ditlitabmas atau model program lain.

Pola hubungan FLipMAS dan CSR. Terbebas dari apakah kehadiran CSR di Indonesia saat ini disebabkan karena adanya UU No. 25 tentang Penanaman Modal Tahun 2007 dan juga UU No. 40 tentang Perseroan Terbatas Tahun 2007 mengenai CSR ataukah disebabkan kesadaran pengusaha atas nasib bangsanya, FLipMAS mengantisipasinya secara positif. Kemitraan FLipMAS dan donatur CSR yang selanjutnya disebut CSR sangat pas dan tepat. FLipMAS dengan berbagai kegiatannya membawa misi kemandirian dan kesentosaan masyarakat. Misi serupa juga diemban CSR. Dengan demikian berbagai kombinasi sinergistik dapat dibangun dalam bentuk FLipMAS-Pemda, FLipMAS-Pemda- CSR, FLipMAS-CSR.

Interaksi antar FLipMAS. Kinerja FLipMAS di setiap wilayah dapat menjadi acuan kerja FLipMAS wilayah lainnya dalam kerangka saling belajar, mengisi kebutuhan atau keperluan kegiatan kemasyarakatannya. Seperti halnya interaksi antar PROdikMAS dalam FLipMAS, demikian pula model interaksi yang dibangun antar FLipMAS, integratif dan sinergistik. Maksudnya tiada lain kecuali konvergensi perjuangan dalam membangun bangsa.

Program Kerja FLipMAS. Sebagai akademisi yang berempati pada kesentosaan bangsa, mengacu pula kepada tiga kewajiban dasarnya, FLipMAS memiliki program kerja berikut:

  1. Penyusunan dan penetapan profil masyarakat wilayah;
  2. Penetapan prioritas target tahunan;
  3. Penyusunan dan penetapan platform;
  4. Penetapan peta penugasan;
  5. Penerbitan Jurnal Aplikasi Ipteks;
  6. Sosialisasi dan diseminasi produk FLipMAS;
  7. Identifikasi critical mass wilayah;
  8. Pembentukan kemitraan dengan Pemda, CSR atau Institusi lain (termasuk menjadi reviewer proposal wilayah);
  9. Koordinasi program antar FLipMAS;
  10. Dan lain-lain.

FLipMAS LEGOWO sebagai bagian yang tak terpisahkan dengan FLipMAS INDONESIA memiliki visi, misi dan tujuan yang mendukung memiliki visi, misi dan tujuan FLipMAS INDONESIA. Adapun visi, misi dan tujuan FLipMAS LEGOWO adalah:

VISI FLipMAS LEGOWO adalah: Memberdayakan masyarakat melalui pembangunan sumberdaya manusia yang kreatif, inovatif, mandiri berdasarkan ipteks.

MISI FLipMAS LEGOWO adalah: Memperkuat solidaritas, kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta memupuk saling pengertian dangan sesama yang memiliki kepedulian dan perhatian terhadap upaya pembangunan dan pengembangan masyarakat, dengan cara:

  1. Meningkatkan peran serta masyarakat d alam pengembangan ipteks yang bercirikan nilai-nilai budaya indonesia dengan menjunjung tinggi kejujuran dan kebenaran;
  2. Meningkatkan kompetensi dalam merancang pengabdian kepada masyarakat;
  3. Mengembangkan aktivitas pelayanan ipteks bagi masyarakat secara bersama-sama;
  4. Memberdayakan masyarakat untuk berpartisipasi melakukan pembangunan sarana dan prasana pedesaan dan perkotaan yang baik atau berkualitas; dan
  5. Melaksanakan publikasi kegiatan pelayanan ipteks bagi masyarakat melalui penerbitan jurnal secara berkala.

Tujuan FLipMAS LEGOWO adalah:

  1. Terciptanya sinergisitas dan jejaring antar perguruan tinggi, pemangku kepentingan serta masyarakat dalam pemberdayaan masyarakat;
  2. Mewujudkan lahirnya insan pengabdi yang berwawasan ke depan, progesif dan terbuka; dan
  3. Terjalinya solidaritas, kebersamaan, kesatuan dan persatuan, saling membantu dan kerjasama dengan semua pihak terhadap masalah sosial kemasyarakatan.